Temukan 7 minuman yang harus dihindari saat puasa untuk mencegah dehidrasi, termasuk kopi, minuman bersoda, dan alkohol.

Lambe Katy – Berpuasa merupakan aktivitas yang tidak hanya memiliki nilai spiritual, tetapi juga manfaat kesehatan. Namun, menjaga hidrasi tubuh tetap optimal selama berpuasa adalah kunci untuk mencegah dehidrasi. Tidak semua minuman memberikan efek yang sama terhadap tingkat hidrasi tubuh. Berikut adalah daftar tujuh minuman yang sebaiknya dihindari saat berpuasa agar terhindar dari risiko dehidrasi.

Baca Juga:

Tips Lancar Berpuasa bagi Ibu Hamil

7 Minuman yang Dapat Menyebabkan Dehidrasi Saat Puasa

Kopi dan Teh

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh dapat meningkatkan frekuensi diuresis atau pembuangan air melalui urine. Proses ini dapat mempercepat kehilangan cairan tubuh, sehingga berisiko menyebabkan dehidrasi.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung kadar gula tinggi dan beberapa jenis aditif yang tidak mendukung proses rehidrasi. Selain itu, kandungan kafein pada beberapa minuman bersoda juga dapat berkontribusi terhadap peningkatan kehilangan cairan.

Minuman Beralkohol

Alkohol adalah diuretik yang sangat kuat. Konsumsi minuman beralkohol dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan lebih banyak urine, yang pada akhirnya dapat menimbulkan dehidrasi.

Minuman Energi

Serupa dengan kopi dan minuman bersoda, minuman energi seringkali mengandung kafein dan gula dalam jumlah yang tinggi. Kombinasi ini tidak efektif dalam menjaga hidrasi tubuh dan dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

Minuman dengan Pemanis Buatan

Pemanis buatan yang terkandung dalam beberapa jenis minuman tidak memberikan nilai nutrisi dan dapat mengganggu keseimbangan hidrasi tubuh. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan lebih cepat.

Jus Buah Kemasan

Meskipun terkesan sehat, jus buah kemasan seringkali mengandung gula tambahan yang tinggi dan sedikit serat. Gula tinggi dapat meningkatkan beban kerja ginjal dan mempercepat proses dehidrasi.

Minuman Berkafein Tinggi

Minuman dengan kandungan kafein tinggi, termasuk beberapa jenis teh herbal dan minuman pra-olahraga, dapat mempercepat proses dehidrasi. Kafein bekerja sebagai diuretik, yang meningkatkan produksi urine dan potensial mengurangi kadar cairan tubuh.

Dalam menjalankan ibadah puasa, penting untuk memilih jenis minuman yang mendukung hidrasi tubuh. Mengonsumsi air putih, infused water, atau jus buah segar tanpa tambahan gula adalah beberapa pilihan terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selalu perhatikan asupan cairan dan jenis minuman yang dikonsumsi untuk memastikan tubuh tetap sehat dan kuat selama berpuasa.

7 Minuman yang Dapat Menyebabkan Dehidrasi Saat Puasa


Lambe Katy

Lambe Katy adalah platform berita dan hiburan daring yang menyajikan informasi terkini seputar gosip, hiburan, dan berbagai topik menarik lainnya. Dengan gaya bahasa yang unik dan humor khasnya, Lambe Katy menjadi sumber daya populer bagi mereka yang ingin tetap up-to-date dengan peristiwa terkini di dunia hiburan dan selebriti. Melalui kontennya yang beragam, Lambe Katy memberikan pembaca pengalaman membaca yang menghibur sambil tetap informatif.