Raffi Ahmad belajar menghormati keinginan Rafathar, menyadari pentingnya membiarkan anak menentukan jalan hidup mereka sendiri.

Lambe Katy – liputan6.com, Sebagai figur ternama di dunia hiburan, Raffi Ahmad memiliki impian agar anak-anaknya mengikuti jejaknya. Namun, kesadaran datang saat dia menyadari bahwa setiap anak memiliki hak untuk memilih jalan hidup mereka sendiri.

Bertahun-tahun lalu, Raffi berusaha memengaruhi Rafathar Malik Ahmad agar mengikuti jejaknya. Namun, sekarang Raffi sadar bahwa pendekatan itu tidak lagi relevan.

“Dulu waktu kecil, saya mencoba mendoktrin Rafathar, ‘Nanti kalau sudah besar, jadi seperti Papa ya’. Dia selalu mengatakan bahwa ketika besar, dia ingin menjadi seperti saya. Suatu hari, saat dia mendapat nilai kecil, saya bertanya, ‘Kenapa nilai kamu seperti ini? Kalau bisa, jadilah juara kelas.’ Dia menjawab, ‘Mungkin saya bukan seperti Papa, Papa juara tapi mungkin saya tidak bisa,'” ungkap Raffi Ahmad dalam YouTube Talany TV pada Jumat (19/1/2024).

Pernyataan Rafathar membuat Raffi tersentak. Khawatir telah memberikan beban tanpa disadari kepada anaknya untuk menjadi seperti dirinya.

Selengkapnya:

Raffi Ahmad Berhenti Mendoktrin Rafathar untuk Jadi Seperti Dirinya, Ternyata Ini Sebabnya

Menanggapi Keluhan Rafathar

Raffi Ahmad juga mengungkap keluhan Rafathar yang sering menolak diajak syuting. Rafathar sering kali protes karena merasa tidak bisa bebas bermain akibat syuting.

“Saya tidak bisa mengabaikan keinginan kecil hati saya yang ingin Rafathar menjadi seperti saya. Tapi seiring berjalannya waktu, dia semakin menolak. Pernah suatu waktu dia protes, ‘Papa, kenapa anaknya selalu disuruh syuting?'” ujar Raffi.

Rafathar sudah mampu menyuarakan pendapatnya. Menurutnya, selain anak harus patuh pada orangtua, orangtua juga harus mendengarkan dan menghargai keinginan anak.

“Saat itu sedang santai, saya tidak pernah mengganggu waktu sekolahnya, ‘Yuk Rafathar, bantu Papa syuting.’ Akhirnya dia setuju, syuting sekali, tapi ketika diminta sekali lagi, dia protes, ‘Papa, apa janji tadi? Sekali kan? Saya sudah mengikuti perkataan Papa, sekarang bagaimana jika Papa mengikuti perkataan saya?'” ungkap Raffi, ayah dari dua anak ini.

Kesadaran Raffi Ahmad

Sekarang, Raffi Ahmad menyadari bahwa setiap anak memiliki hak untuk menentukan pilihannya sendiri. Dia telah berhenti memaksakan keinginannya kepada anak sulungnya.

“Di situ saya tersadar, suatu hari mungkin dia akan memiliki jalan hidupnya sendiri di mana dia tidak ingin menjadi seperti saya. Jadi, tidak bisa memaksakan anak,” tutupnya.


Lambe Katy

Lambe Katy adalah platform berita dan hiburan daring yang menyajikan informasi terkini seputar gosip, hiburan, dan berbagai topik menarik lainnya. Dengan gaya bahasa yang unik dan humor khasnya, Lambe Katy menjadi sumber daya populer bagi mereka yang ingin tetap up-to-date dengan peristiwa terkini di dunia hiburan dan selebriti. Melalui kontennya yang beragam, Lambe Katy memberikan pembaca pengalaman membaca yang menghibur sambil tetap informatif.